Selamat Datang di asagenerasiku.blogspot.com, Penyaji materi Pembelajaran Sekolah Dasar dan sederajat, Semoga Bermanfaat

Senin, 26 Maret 2012

PENGARUH SIKAP TUBUH TERHADAP RANGKA

a. sikap berdiri yang salah                                                   b. Sikap berdiri yang benar










a. Sikap duduk yang salah                                                b. Sikap duduk yang benar










Kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik saat melakukan suatu kegiatan akan mempengaruhi pertumbuhan tulang atau rangka tubuh. Misalnya, posisi membaca, menulis, dan duduk. Sikap tubuh yang,salah ketika duduk, berdiri, tidur, atau ketika membawa beban yang terlalu berat dapat menyebabkan gangguan pada tulang belakang. Beberapa gangguan pada tulang belakang adalah sebagai berikut.

a. Skoliosis
Skoliosis, yaitu tulang belakang membengkok ke kiri atau ke kanan. Penyebabnya adalah sering membawa beban yang terlalu berat pada salah satu sisi anggota gerak atau pada bahu.







b. Kifosis
Kifosis, yaitu tulang belakang membengkok ke belakang. Penyebabnya adalah kebiasaan duduk membungkuk atau sering membawa beban yang terlalu berat di punggung.






c. Lordosis
Lordosis, yaitu tulang belakang membengkok ke depan. Penyebabnya mungkin karena terjatuh saat masih kecil atau duduk terlalu condong ke depan. Untuk menghindari akibat buruk dari sikap tubuh yang salah, maka kamu harus membiasakan sikap tubuh yang benar. Misalnya, punggung selalu dalam posisi tegak ketika duduk, berdiri, atau ketika mengangkat beban. Tekuklah lutut jangan menekuk punggung. Saat membawa beban, seimbangkan antara beban sebelah kiri dan kanan.

2. Penyakit yang Merusak Rangka
Pada proses pertumbuhannya, terkadang tulang mengalami gangguan atau hambatan. Gangguan atau penyakit yang dapat menyerang tulang, antara lain polio, rakitis, osteoporosis, dan rematik.

a. Polio
 Penderita polio akan mengalami kelumpuhan sehingga lama-kelamaan tulangnya
akan mengecil. Penyakit polio dapat dicegah dengan pemberian vaksin polio. Pemberian vaksin biasanya dilakukan melalui mulut pada saat anak berusia di bawah lima tahun.




b. Rakitis










Rakitis merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan tulang. Penyakit ini timbul karena penderita kekurangan vitamin D dan sinar matahari pagi. Orang yang menderita penyakit rakitis memiliki tulang kaki yang lemah dan biasanya berbentuk X atau O karena tidak dapat menahan berat tubuh.

c. Osteoporosis
 Osteoporosis atau tulang keropos merupakan penyakit yang menyebabkan tulang
mudah retak atau patah. Penyakit ini biasanya menyerang orang lanjut usia, terutama perempuan. Penyebab osteoporosis adalah tubuh kekurangan zat kapur (kalsium).
Untuk mencegak osteoporosis, kamu perlu mengonsumsi makanan yang banyak
mengandung vitamin D dan kalsium seperti ikan dan susu.

d. Rematik
 Rematik merupakan penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian.
Persendian yang biasa terkena adalah persendian kaki, tangan, dan siku. Rasa nyeri
kadang disertai pembengkakan sendi. Jika tidak segera diobati, penyakit ini dapat
mengakibatkan komplikasi yang berbahaya, misalnya jantung. Komplikasi merupakan
penyakit yang timbul kemudian karena penyakit yang ada tidak diobati.